Kali ini mbah mau bahas tentang ilmu fokus, tentunya fokus dalam hal bisnis ya, bukan dalam hal yang lainnya. Tapi sebetulnya sih semua hal itu akan bisa kita capai dengan sukses kalau kita bisa fokus, ya betul semua hal, mau itu mengejar karir, belajar, bahkan bisnis pun harus fokus. Sebuah batu saja bisa berlubang oleh air yang terus menerus menetes di batu itu. Sama halnya ketika anda memulai bisnis, jika ingin berhasil, maka kunci awalnya adalah FOKUS.

Ada kecenderungan ikut-ikutan bagi pembisnis pemula, dan ini mbah sebut biasanya sebagai sebuah penyakit “bisnis labil” kenapa demikian? Karena kebanyakan memang sih tidak semua, tapi kebanyakan rata-rata pebisnis itu suka terkena penyakit bisnis labil, kanapa? Ya karena anda TIDAK PD, karena anda tidak PD itu yang membuat anda tidak bisa fokus terhadap bisnis yang sedang anda geluti. Contoh kecil, anda diawal bisnis berjualan baju misalnya baru sebagai reseller atau dropshiper, tapi sebetulnya ketika anda hanya sebagai reseller atau drophiper jika bisa fokus, anda bisa mendapatkan omset yang tinggi, ya jika fokus. Tapi sayangnya kebanyakan pebisnis pemula tidak PD dengan bisnisnya, sehingga mengakibatkan tidak fokus, karena tidak fokus akhirnya ikut-ikutan bisnis orang lain yang lagi booming.

Misalnya awalnyajualan bedak pemutih, karena ngga PD dengan bisnisnya, akhirnya ngga fokus, karena ngga fokus ya akhirnya melihat kiri kanan, lihat ke kanan orang sukses bisnis mlm herbal, ikuuuuttt mlm herbal, liat ke kiri ada orang sukses bisnis online, ikuuuuuuttt-ikutan bisnis online, ngeliat ada orang yang sukses bisnis makanan ringan, ikut-ikutan bisnis makanan ringan, akhirnya karena ngga fokus pada satu bisnis, ya ngga bakalan sukses-sukses karena labil. Tidak salah ketika anda ingin memiliki banyak bisnis, hanya saja cobalah untuk belajar fokus disaat anda belajar dan memulai bisnis, karena jika anda baru belajar bisnis dan memulai bisnis anda sudah labil dan banyak keinginan ingin bisnis ini itu, sudah dipastikan tidak akan ada satupun bisnis yang akan menghasilkan omset tinggi dan tidak akan berkembang, karena anda tidak bisa fokus pada satu bisnis, dan selalu punya penyakit labil, ngeliat orang bisnis lain sukses ikut-ikutan bisnis itu.

Padahal tidak semua bisnis bisa jalankan, jadi jangan serakah ya, kalau bisnisnya sudah berkembang dan sudah banyak cabang, baru boleh untuk memikirkan bisnis yang lain, tapi kalau bisnisnya baru satu itupun omsetnya masih dibawah 5 Juta/bulan dan belum punya cabang, ya jangan coba-coba dulu untuk berpoligami dalam bisnis, nantinya ngga bakalan fokus, akhirnya bisnis ini mengahasilkan TIDAK, bisnis itu juga TIDAK menghasilkan. So, sekecil apapun bisnis yang sedang anda jalani saat ini, cobalah untuk fokus dan yakinlah jika bisnis anda itu akan besar nantinya. Tapi kalau diawal-awal sudah poligami dalam berbisnis, gimana mau besar bisnisnya, satupun ngga bakalan ada yang besar bisnis kalau anda tidak fokus.

Ingat untuk membangun bisnis yang sukses itu dibutuhkan fokus, jangan tergiur dengan bisnis kiri kanan yang omsetnya meledak, karena mbah yakin sebelum mereka meledakkan omsetnya mereka sudah fokus terlebih dahulu, nah sekarang apakah anda mau coba-coba terjun ke dunia bisnis yang anda sendiri belum tahu seluk beluknya? wah boro-boro mau meledak omsetnya, malah bangkrut nantinya karena ngga tahu seluk beluknya. Sudahlah sekarang mah, fokus aja sama bisnis sendiri, mbah yakin kalau anda sudah fokus sama bisnis yang anda geluti, pasti bisa meledak omsetnya, bisnis itu jangan dilihat hasilnya, tapi lihatlah prosesnya, sebelum menuju omset yang tinggi, pasti ada usaha yang tinggi juga sebelumnya. So, mulai dari sekarang, PD sama bisnis sendiri, karena kunci supaya kita bisa fokus sama bisnis sendiri itu awalnya ya harus PD sama bisnisnya, jangan minder mentang-mentang bisnisnya masih kecil, sabarrr, bisnis itu butuh proses, hanya orang yang mencintai sebuah proses yang akan sukses dan hanya orang yang fokusnya tinggi yang akan mendapatkan omset yang tinggi.

Komentar anda: