Bisnis MSI Halal atau Haram

Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan Fatwa tentan MLM (Multy Level Marketing) atau yang disebut dengan penjualan langsung berjenjang syariah dalam Fatwa DSN No. : 75/DSN MUI/VII 2009 :

Sebuah Perusahaan atau industri MLM dianggap HALAL dan tidak bertentangan dengan PRINSIP SYARIAH apabila memenuhi 12 persyaratan yaitu :

  1. Adanya obyek (produk) transaksi riil yang diperjual belikan
  2. barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang haram
  3. Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur gharar, masyir, riba, dharar, dzulm, dan maksiat.
  4. Tidak ada biaya yang berlebihan dan tidak sepadan dengan kuallitas yang diperoleh
  5. Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi kerja nyata.
  6. Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasayang ditetapkan oleh perusahaan.
  7. Tidak boleh ada komisi atau bonus yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa.
  8. Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan igra’
  9. tidak ada ekploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya.
  10. Sistem perekutan keanggotaan, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syari’ah, dan akhlak mulia seperti syirik, kultus, maksiat dan lain-lain.
  11. Setiap anggota (mitra usaha) yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota yang direkrutnya tersebut.
  12. Tidak melakukan kegiatan mmoney game.

Dari 12 syarat tersebut dapat disimpulkan bahwa Bisnis MLM di PT MSI itu hukumnya HALAL dan diperbolehkan menurut syari’at agama Islam.

Komentar anda:

Hits: 1073

Baca juga...  Penampakan Kemasan Baru MSI Body Lotion terbaru